Pelabuhan Hati

Tuesday, April 10, 2007

Idealisme

Ada banyak ketidakidealan yang kan kita temui dalam hidup. Baik yang terdapat pada diri kita, pada diri orang-orang di sekitar kita, juga pada lingkungan yang melingkupi kita.
Adakalanya diri benar-benar tak mampu melakukan apa-apa, ketika mendapati sesuatu yang tidak ideal terjadi di depan mata. Hanya getir dalam jiwa yang terus menerus menggaungkan rasa bersalah, sesal dan kesal. Rasa bersalah, karena bisa jadi diam kita menjadi legalitas bagi ketidakidealan yanga ada, sesal karena tak mampu melakukan apa-apa, dan kesal karena menyadari betapa terbatasnya diri ini dan betapa lemahnya iman yang dimiliki hingga baru sebatas penolakan dalam hati yang bisa dilakukan.
Memang, terhadap setiap ketidakidealan yang ada, selalu ada upaya untuk merubahnya agar menjadi sesuatu yang ideal. Namun ketika upaya-upaya yang telah dilakukan ternyata belum juga mampu untuk mengubah ketidakidealan yang ada, muncul kegamangan, hingga smua serasa jadi tak berarti.
Manusia dengan segala keterbatasannya hanya mampu berusaha dan berdo'a. Sedang masalah hasil adalah hak Allah sepenuhnya. Ketika idealisme yang coba diwujudkan belum juga nampak hasilnya, maka perlu introspeksi diri dan evaluasi. Mungkin upaya selama ini dinilai belum cukup serius, hingga harus ada upaya lebih keras lagi dari sebelumnya, atau mungkin perlu pembenahan manajemen, baik manajemen waktu, tenaga, pikiran, supaya semua berjalan lebik baik lagi.
Apapun itu, semua menginsyafkan diri, betapa lemah dan terbatasnya kemampuan manusia, ketika dihadapkan dengan segala ketentuanNya.

Jalan masih panjang kawan. Meski berat, tapi kita tak punya pilihan lain selain terus melangkah.
I am only one, but I am still one
I cannot do everything, but still I can do something.
And because I cannot do everything, I will not refuse to do something that I can do
-Hellen Keller-

:mypartner, esp@gk
posted by Nda^_^ at 1:20 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Opick - Cahaya Hati.mp3

get more free mp3 & video codes at www.musik-live.net