Pelabuhan Hati

Thursday, March 15, 2007

Daun ...

Orang-orang berkata, "Menjadilah daun. Nan tegar di pucuk ranting, tak gentar menatap mentari, tegak menjulang di ketinggian".

Menjadi daun ...
Haruskah ???
Tanya yang dulu sempat muncul, kembali mengusik.
Rasanya sudah terlalu banyak daun di pohon ini.
Terbayang jika semua menjadi daun. Aku, kau, kita semua menjadi daun. Apa jadinya pohon ini ?
Bisa jadi riwayatnya berakhir sampai disini, berganti dengan tumpukan daun tanpa nafas, yang kelamaan mengering dan akhirnya musnah tanpa sisa.

Menjadi daun ???
Serasa bukan menjadi diriku. Yang tak biasa dengan ramahnya mentari dan hangatnya sapaan bayu. Yang tlah terbiasa dengan gelap dan sunyinya kedalaman, berkelana menembus rongga demi rongga diantara lapis-lapis batuan di pelosok perut bumi. Tak nampak, namun nyata adanya. Bergerak dan terus bergerak mencari mata air di dasar bumi.
Salahkah jika tetap menjadi diriku ?
Bukankah pohon ini tak hanya daun ? Pohon ini adalah batang, juga ranting, dahan, bunga dan akar. Karena adanya mereka, maka ia layak disebut pohon.

Mereka menjawab.
"Menjadi akar bukanlah kesalahan. Namun jika dengan menjadi daun akan lebih banyak bunga yang kan kembang, kenapa tidak ?!
Tidak ada salahnya mencoba belajar menjadi daun. Sembari merasakan teriknya mentari dikala garang dan hebatnya deru angin kala membadai. Toh, daun akan selalu dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya pohon ini".

Hfff ...
Menjadi daun, ... akankah ???
Entahlah.
Yang pasti, menjadi daun, menjadi akar, atau menjadi apapun nantinya, semoga masih tetap dikaruniai nafas kesabaran dan energi yang besar tuk terus bergerak dan berkembang.



:mDeeSholihatInsyaAllahAamiin (dawane ... ^_^)
Piye mbakyu, pengen menjadi daun di mana ???
Balik wae po ???? Bingung kiy ...

posted by Nda^_^ at 7:58 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Opick - Cahaya Hati.mp3

get more free mp3 & video codes at www.musik-live.net