Pelabuhan Hati

Tuesday, March 08, 2005

Kedewasaan

"SMU mana dik ?"
Sapa seorang ibu-ibu sesaat setelah aku duduk di sampingnya. Aku tersenyum mendengarnya.
Bis pun melaju dengan kecepatan rata-rata, seiring melajunya alam pikirku atas tanya yang baru saja kuterima.
SMU ???
Apakah aku masih terlihat seperti anak SMU ? Akupun tak tahu dari sisi mana sehingga ibu itu bisa menyimpulkan bahwa aku seorang siswa SMU. Bisa jadi dari penampilan, karena ibu itu baru mengenalku kurang dari 5 menit sebelum beliau mengajukan pertanyaan itu.
Tak urung pertanyaan itu membuatku berpikir.
Di satu sisi, ada rasa senang karena ternyata ada juga yang menganggapku lebih muda dari usiaku sebenarnya. Bagaimana tidak, bangku SMU telah kutinggalkan lebih kurang 3 tahun yang lalu, dan kini masih ada yang mengira aku siswa SMU. Berarti kan wajahku ga boros-boros amat, hehe.
Tapi di sisi lain sedih juga, masa dah kepala dua begini masih dikira anak SMU. Apa ngga terlihat gurat-gurat kedewasaan di wajahku ?
Yah ... apapun itu semua harus disyukuri. Yang kuyakini bahwa kedewasaan bukan diukur dari wajah ataupun usia seseorang. Namun kedewasaan diukur dari cara berpikir dan mengambil sikap, serta mampu menempatkan diri sesuai peran yang diambilnya dalam hidup ini.
Itu kedewasaan versi aku lho.
Kalo ada yang punya definisi kedewasaan yang lebih sahih bisa ditambahkan. ^_^
posted by Nda^_^ at 12:14 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Opick - Cahaya Hati.mp3

get more free mp3 & video codes at www.musik-live.net